中正 Zhonge zheng

 2015 Babak penyisihan 印尼文初選 

📜 中正 Zhonge zheng

👤 Firis salsabilla

 

Gerimis seakan tahu, hati ku tengah merindukan Indonesia. Aku sudah terbiasa dengan semua rasa ini melewati hitungan waktu demi waktu. Bukan mereka yang maukan semua ini, tapi ini keputusanku. Bukankah aku sudah bertekad melupakan semua yang telah lalu? bukankah aku sudah berdamai dengan masa lalu lantas untuk apa tangis ini hadir?. “Ris, Iris lu koq nangis sih? kenapa lagi? kangen gue ya? Perasa’an gue baru saja pergi beberapa jam yang lalu tapi koq lu cepet banget nyari gue sampai acara nangis segala. Ah, si rese Kimi lagi lagi memergoki gue lagi nangis. Emang tu anak ngga ada kerja’an lagi apa ya sampai orang lagi nangis di tanyain segala. Dia hanya tidak tahu kenapa gue selalu menangis ketika gerimis datang, ketika tangan ini menyentuh setiap tetes demi tetes gerimis dekat jendela kamar ku. Dia hanya tidak tahu betapa sakit nya ketika kenangan masa lalu itu masih dan setia menghantui ku. Apa’an si Mi rese banget gangguin orang mulu, gue lagi kangen sama bunda tahu makanya nangis. Ah ngeles mulu kalau di tanya kenapa lu nangis, apa susah nya sih Ris lu berbagi cerita dengan gue? Kita kan udah janji susah senang kita tanggung bersama, masa lu pendam sendiri sih masalah lu. Ngga asik lu, bukan nya gue kepo atau terlalu ikut campur urusan pribadi lu tapi gue ngrasa sedih tiap kali gerimis datang pasti lu nangis. Sorry Mi, gue hanya belum siap untuk berbagi cerita dengan lu, Makasih banyak udah peduli sama gue, gue baik-baik aja koq mi suerrr sambil menghapus sisa air mata dengan ujung jilbab ku. Kimi adalah teman pertama ku sa’at aku pertama datang ke Taiwan, teman satu kamar dan satu pabrik tempat ku bekerja. Ya, aku sekarang bekerja di negeri Formosa. Ternyata putus asa mampu membawa langkah ku kesini. Ternyata rasa sakit ini mampu merubah ku menjadi Iris yang pemberani. Setahun berlalu dan aku seperti katak dalam tempurung. Pagi sampai sore aku habiskan waktu ku untuk bekerja bahkan terkadang sampai larut malam, jika akhir minggu datang aku hanya menghabiskan waktu libur ku dengan Kimi sahabat ku di kosan. Biarkan saja rutinitas itu terus monoton seperti itu, aku bahagia karena dengan begitu setidak nya aku bisa menjeda kesedihan ku. Aku bahkan bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan karena dia membiarkan ku menghirup dan menikmati indah nya Zhonge zheng untuk beberapa kurun waktu ini walaupun terkadang tangis itu hadir begitu saja tanpa ku pinta.


 2015 Babak penyisihan 印尼文初選 

📜 中正 Zhonge zheng

👤 Firis salsabilla

 

小雨似乎知道,我的心惦記著印尼。我習慣了這種味道,一次又一次的數著時間。這個抉擇是我自己下的,沒有任何人要求過我。我不是已經下定決心忘記過去的一切嗎?我不是跟過去和解了嗎?為什麼我的眼淚依然在流?

「瑞艾瑞,妳怎麼又哭了呢?現在怎麼樣,又想死我了嗎? 感覺上我才離開沒幾個小時,你怎麼又哭著找我呢?」

哎,又被討厭的葛米發現我在哭了。那小子是不是每次都沒事做才會發現別人在哭,還問東問西的。她只是不知道為什麼,我總是在下小雨的時候哭,下雨的這個時候,我會用手去觸摸滴落在臥室窗邊的每個小雨滴。

她不知道過去的記憶仍困擾著我,依然令人心有餘悸。這個葛米好討厭哦,我只是想念我的母親而已,看人家哭還講那麼大聲。

「瑞,跟我分享妳的事情有那麼難嗎?我們不是說好要互相分享彼此的喜怒哀樂嗎?妳怎麼把心事掩藏起來啊?妳真不夠意思耶,我才不是雞婆想管你私事,而是每次下雨都看到妳哭。」

「米,對不起,我還沒準備好跟妳分享我的故事,謝謝妳這麼在乎我,我很好的,真的。」說著,我用頭巾的一角擦拭我的眼淚。葛米是我初次來台灣時的第一個朋友,也是同工廠的室友。

是的,我現在在台灣工作。原來絕望可以驅策我的腳步來到這裡,事實證明這種痛苦能夠改變我成為勇敢的艾瑞。一年過去了,我猶如井底之蛙。我花了所有的時間來與工作朝夕相處,有時直到深夜。每到週末,我只是和葛米在宿舍裡打發時間。就讓這個單調刻板的生活繼續下去吧,我很樂意,這樣我就可以讓我的悲傷止步。我甚至感激和感謝上帝,因為祂讓我這段時間可以呼吸並享受到中正的美妙,雖然有時我的眼淚還是會不請自流。

 

發表迴響

你的電子郵件位址並不會被公開。 必要欄位標記為 *